Tingkatkan Profesionalisme Jurnalis, IJTI Cirebon Raya Gelar UKJ

Tingkatkan Profesionalisme Jurnalis, IJTI Cirebon Raya Gelar UKJ

CIREBON - Guna meningkatkan kompetensi dan profesionalisme para jurnalis televisi yang ada di wilayah Cirebon, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) daerah Cirebon Raya bakal menggelar Uji Kompetensi Jurnalis TV (UKJTV).

Selain jurnalis televisi, pada Uji Kompetensi Jurnalis TV (UKJTV) tersebut juga diikuti para jurnalis media online yang bergerak di bidang audio visual.

Kegiatan UKJTV ini akan berlangsung pada tanggal 6 hingga 7 November 2021 di Hotel Aston Cirebon Jl Brigjend Dharsono By Pass, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon.

\"Sekitar 36-an jurnalis televisi dan jurnalis online se-Cirebon dan sekitatnya yang akan mengikuti UKJTV ini. Uji Kompetensi Jurnalis TV ini direncanakan akan berlangsung selama dua hari, dan akan di sisi oleh penguji dari Dewan Pers dan IJTI Pusat,\" ungkap Ketua IJTI Daerah Cirebon Raya Faizal Nurathman kepada radarcirebon.com, Kamis (4/11).

Menurut Faizal, UKJTV yang digelar IJTI merupakan komitment IJTI untuk terus meningkatkan kompetensi dan profesionalisme para jurnalis televisi di seluruh Indonesia. 

\"Terlebih uji kompetensi merupakan kesepakatan bersama antara pemimpin media masa dengan organisasi pers untuk menentukan standar kompetensi para jurnalis yang dikukuhkan dalam keputusan Dewan Pers. Sebagai organisasi profesi yang sudah ditetapkan menjadi lembaga yang berhak melaksanakan uji kompetensi baik bagi anggotanya maupun junalis TV umum lainnya maka IJTI wajib menjalankan keputusan Dewan Pers ini,\" ujarnya.

Faizal menjelaskan, UKJTV ini bertujuan untuk memisahkan antara jurnalis yang profesional dengan jurnalis yang tidak profesional (wartawan bodong).

\"Selain itu UKJTV ini bisa dijadikan tolok ukur untuk meningkatkan daya tawar atau promosi bagi para jurnalis di perusahaan medianya masing-masing. Ini yang akan menjadi pembeda jurnalis profesional dan tidak profesional,\" jelasnya.

Faizal menyebutkan, kali ini dalam pelaksanaan UKJTV berbeda dengan UKJ pada umumnya.

\"UKJ yang dikhususkan bagi para jurnalis televisi ini tidak hanya menguji pengetahuan dan menulis saja, namun juga menguji penguasaan tekni produksi berita televisi dan teknologi sesuai bidangnya masing-masing,\" pungkasnya. (rdh)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: